Assalamu'alaikum, Ahlan wa Sahlan di Blog Islami, Doa Dalam Al-Qur'an Lengkap, Doa-doa Mustajab Lengkap, Doa Islami, Sholawat Lengkap, Tuntunan Sholat, Kisah Islami, Kajian Hadist dan Renungan, InsyaAllah Bermanfaat...Aamiin. Jazzakumullah

Abu Hurairah pun Menangis

                           Mari sejenak menyimak kisah yang bersumber dari Sunan Tirmidzi; kisah tentang Abu Hurairah yang menangis tatkala menyampaikan salah satu hadits 
Nabi Muhammad Shallallâhu alaihi wa sallam.
   Berikut kisahnya : 


                   Syufay Al-Ashbahi, menceritakan bahwa suatu ketika ia memasuki kota Nabi, Madinah. Ternyata di sana ada seorang lelaki yang dikerumuni oleh banyak manusia. Ia pun bertanya kepada orang-orang, ‘Siapa lelaki ini?’ mereka menjawab, “Abu Hurairah.”
Syufay bin Mati’, seorang tabi’in yang dinilai oleh Ibnu Hajar dan Adz-Dzahabi sebagai perawi tsiqqah-, kemudian mendekat hingga duduk di hadapan Abu Hurairah, yang sedang menyampaikan hadits kepada manusia.
                   Ketika Abu Hurairah diam dan berhenti sejenak, Syufay berkata, “Aku memohon kepadamu, dengan nama Allah, dan kebenaran, agar Anda berkenan menyampaikan sebuah hadits kepadaku; hadits yang Anda dengar dari Rasulullah ­Shallallâhu alaihi wa sallam; hadits yang Anda hafal, dan ketahui.
                  Abu Hurairah pun menjawab, “Baik, sungguh, aku akan menyampaikan kepadamu sebuah hadits yang aku dengar dari Rasulullah ­Shallallâhu alaihi wa sallam; hadits yang aku hafal, dan ketahui.
Tetapi apa setelah itu?
Abu Hurairah malah menangis pilu, tersedu-sedan, terisak-tangis. Setelah berjeda sejenak, beliau bisa menguasai diri, dan mengusap wajahnya yang basah oleh air mata. Beliau berkata, “Ya, sungguh, aku benar-benar akan menyampaikan hadits yang aku dengar dari Rasulullah Shallallâhu alaihi wa sallam, ketika aku membersamai beliau di rumah ini. Pada saat itu, tidak ada orang lain selain aku dan beliau,”
                     Abu Hurairah kembali menangis. Setelah beliau bisa menguasai diri, dan mengusap wajahnya yang basah oleh air mata, beliau berkata, “Ya, sungguh, aku benar-benar akan menyampaikan hadits yang aku dengar dari Rasulullah Shallallâhu alaihi wa sallam, ketika aku membersamai beliau di rumah ini. Pada saat itu, tidak ada orang lain selain aku dan beliau,”
Abu Hurairah lagi-lagi menangis. Setelah beliau bisa menguasai diri, dan mengusap wajahnya yang basah oleh air mata, beliau berkata, “Ya, sungguh, aku benar-benar akan menyampaikan hadits yang aku dengar dari Rasulullah Shallallâhu alaihi wa sallam, ketika aku membersamai beliau di rumah ini. Pada saat itu, tidak ada orang lain selain aku dan beliau,”
                    Tapi setelah itu, Abu Hurairah terisak-isak lebih hebat lagi. Beliau terhuyung-huyung menundukkan wajahnya, hingga aku menyandarkannya di atas pundakku dalam waktu yang lama. Setelah bisa menguasai diri, Abu Hurairah kembali berkata, “Rasulullah telah menyampaikan kepadaku, bahwa pada hari kiamat nanti, akan turun menemui para hamba-Nya untuk memberikan keputusan di antara mereka. Dan semua orang berdiri dengan lututnya. Kemudian, orang yang pertama dipanggil adalah seorang qari’, orang yang terbunuh di jalan Allah, dan orang yang memiliki banyak harta.”
                 Kepada yang qari’ –hafal dan bagus dalam membaca Al-Qur’an, Allah bertanya, ”Bukankah Aku telah mengajarkan kepadamu tentang apa yang Aku turunkan kepada utusan-Ku?”
”Benar, duhai Rabb” jawab yang ditanya.
”Lantas, apa yang telah kamu amalkan dari ilmumu itu?” tanya Allah.
”Aku menggunakannya untuk shalat di tengah malam dan siang hari,” jawabnya.
”Kamu dusta!” bantah Allah. Dan para malaikat mengulanginya dengan tegas. ”Kamu dusta!”
Kemudian Allah berfirman, ”Tetapi, kamu ingin disebut bahwa si fulan adalah seorang Qari’, dan kamu sudah mendapatkan sebutan itu.”
Orang yang banyak harta pun dipanggil. Allah berfirman kepada mereka, ”Bukankah Aku telah memberi kekayaan yang sangat banyak kepadamu sehingga Aku tidak membiarkanmu membutuhkan orang lain?”
”Ya, benar,” jawab orang-orang dengan banyak harta.
”Lalu, apa yang kamu perbuat dengan harta yang telah Kuberikan kepadamu?” tanya Allah.
”Aku gunakan untuk menyambung tali silaturahmi, dan bersedekah,” kata mereka.
”Kamu dusta!” Allah berfirman. Dan para malaikat mengulanginya dengan tegas. ”Kamu susta!”
Allah Ta’ala berfirman, “Bahkan, engkau melakukan itusemua agar disebut bahwa si fulan adalah orang dermawan, dan itu sudah kamu dapatkan.”
Setelah itu, orang-orang yang gugur di jalan Allah didatangkan untuk menghadap. ”Dalam rangka apa kamu terbunuh?” tanya Allah.
Lalu mereka memberikan jawaban, ”Aku diperintahkan untuk berjihad di jalan-Mu, lalu aku berperang hingga terbunuh.”
”Kamu dusta!” Allah berfirman. Dan para malaikat mengulanginya dengan tegas. ”Kamu dusta!”
Kemudian Allah berfirman, ”Kamu hanya ingin disebut sebagaima pemberani, dan kamu sudah mendapatkan hal itu.”
                 Kemudian di akhir hadits, Abu Hurairah melanjutkan, ”Kemudian Rasulullah saw menepuk lututku dan bersabda, “Wahai Abu Hurairah, tiga orang itulah makhluk pertama yang akan digunakan untuk menyalakan api neraka pada hari kiamat kelak.”
Demikianlah kisah Abu Hurairah. Tetapi setelah kisah itu, masih ada penjelasan berikutnya yang dicantumkan oleh At-Tirmidzi, yaitu bahwa berdasarkan informasi Ala’ bin Abu Hakim kepada Walid Abu Utsman, Syufay adalah seorang algojo dari Mu’awiyah. Suatu hari, Syufay pernah datang menemui Mu’awiyah kemudian mengabarkan tentang hadits Abu Hurairah ini. Mu’awiyah pun berkata, “Itulah yang akan ditimpakan kepada mereka –bertiga-, lantas bagaimana dengan kondisi manusia yang tersisa?” Mu’awiyah menangis dengan tangisan yang memilukan; tangisannya keras. Sehingga kami menyangka beliau akan binasa.
Ala’ melanjutkan, “Lelaki itu datang dengan membawa keburukan. Dan tatkala Mu’awiyah tersadar, dan bisa menguasai diri, beliau mengusap wajahnya, dan berkata, “Shadaqallâh wa Rasûluh, “Barangsiapa menginginkan kehidupan dunia, dan perhiasannya, kami akan memberikan balasan yang sempurna atas amal mereka, dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Mereka itulah orang-orang yang di akhirat nanti tidak memperoleh apa-apa kecuali nereka, dan lenyaplah apa yang dulu mereka usahakan di dunia, dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan –QS. Hûd : 15-16.”
(Hadits inidiriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim. Lafazh dalam hadits ini adalah milik Tirmidzi, dan Syaikh Al-Albani berkomentar bahwa hadits ini ‘Shahih’).

Berikut teks lengkap dari Sunan Tirmidzi.
حَدَّثَنَا سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ أَخْبَرَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ أَخْبَرَنِى الْوَلِيدُ بْنُ أَبِى الْوَلِيدِ أَبُو عُثْمَانَ الْمَدَنِىُّ أَنَّ عُقْبَةَ بْنَ مُسْلِمٍ حَدَّثَهُ أَنَّ شُفَيًّا الأَصْبَحِىَّ حَدَّثَهُ أَنَّهُ دَخَلَ الْمَدِينَةَ فَإِذَا هُوَ بِرَجُلٍ قَدِ اجْتَمَعَ عَلَيْهِ النَّاسُ فَقَالَ مَنْ هَذَا فَقَالُوا أَبُو هُرَيْرَةَ . فَدَنَوْتُ مِنْهُ حَتَّى قَعَدْتُ بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُوَ يُحَدِّثُ النَّاسَ فَلَمَّا سَكَتَ وَخَلاَ قُلْتُ لَهُ أَنْشُدُكَ بِحَقٍّ وَبِحَقٍّ لَمَا حَدَّثْتَنِى حَدِيثًا سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَلْتَهُ وَعَلِمْتَهُ. فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ أَفْعَلُ لأُحَدِّثَنَّكَ حَدِيثًا حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَلْتُهُ وَعَلِمْتُهُ.
ثُمَّ نَشَغَ أَبُو هُرَيْرَةَ نَشْغَةً فَمَكَثَ قَلِيلاً ثُمَّ أَفَاقَ فَقَالَ لأُحَدِّثَنَّكَ حَدِيثًا حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى هَذَا الْبَيْتِ مَا مَعَنَا أَحَدٌ غَيْرِى وَغَيْرُهُ.
 ثُمَّ نَشَغَ أَبُو هُرَيْرَةَ نَشْغَةً أُخْرَى ثُمَّ أَفَاقَ فَمَسَحَ وَجْهَهُ فَقَالَ لأُحَدِّثَنَّكَ حَدِيثًا حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَنَا وَهُوَ فِى هَذَا الْبَيْتِ مَا مَعَنَا أَحَدٌ غَيْرِى وَغَيْرُهُ.
ثُمَّ نَشَغَ أَبُو هُرَيْرَةَ نَشْغَةً أُخْرَى ثُمَّ أَفَاقَ وَمَسَحَ وَجْهَهُ فَقَالَ أَفْعَلُ لأُحَدِّثَنَّكَ حَدِيثًا حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَنَا مَعَهُ فِى هَذَا الْبَيْتِ مَا مَعَهُ أَحَدٌ غَيْرِى وَغَيْرُهُ.
ثُمَّ نَشَغَ أَبُو هُرَيْرَةَ نَشْغَةً شَدِيدَةً ثُمَّ مَالَ خَارًّا عَلَى وَجْهِهِ فَأَسْنَدْتُهُ عَلَىَّ طَوِيلاً ثُمَّ أَفَاقَ فَقَالَ حَدَّثَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ يَنْزِلُ إِلَى الْعِبَادِ لِيَقْضِىَ بَيْنَهُمْ وَكُلُّ أُمَّةٍ جَاثِيَةٌ فَأَوَّلُ مَنْ يَدْعُو بِهِ رَجُلٌ جَمَعَ الْقُرْآنَ وَرَجُلٌ قُتِلَ فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَرَجُلٌ كَثِيرُ الْمَالِ فَيَقُولُ اللَّهُ لِلْقَارِئِ أَلَمْ أُعَلِّمْكَ مَا أَنْزَلْتُ عَلَى رَسُولِى قَالَ بَلَى يَا رَبِّ. قَالَ فَمَاذَا عَمِلْتَ فِيمَا عُلِّمْتَ قَالَ كُنْتُ أَقُومُ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ. فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ كَذَبْتَ وَتَقُولُ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ كَذَبْتَ وَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ إِنَّ فُلاَنًا قَارِئٌ فَقَدْ قِيلَ ذَاكَ.
وَيُؤْتَى بِصَاحِبِ الْمَالِ فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ أَلَمْ أُوَسِّعْ عَلَيْكَ حَتَّى لَمْ أَدَعْكَ تَحْتَاجُ إِلَى أَحَدٍ قَالَ بَلَى يَا رَبِّ. قَالَ فَمَاذَا عَمِلْتَ فِيمَا آتَيْتُكَ قَالَ كُنْتُ أَصِلُ الرَّحِمَ وَأَتَصَدَّقُ. فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ كَذَبْتَ وَتَقُولُ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ كَذَبْتَ وَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ فُلاَنٌ جَوَادٌ فَقَدْ قِيلَ ذَاكَ.
وَيُؤْتَى بِالَّذِى قُتِلَ فِى سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ فِى مَاذَا قُتِلْتَ فَيَقُولُ أُمِرْتُ بِالْجِهَادِ فِى سَبِيلِكَ فَقَاتَلْتُ حَتَّى قُتِلْتُ. فَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ كَذَبْتَ وَتَقُولُ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ كَذَبْتَ وَيَقُولُ اللَّهُ بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ فُلاَنٌ جَرِىءٌ فَقَدْ قِيلَ ذَاكَ ».
 ثُمَّ ضَرَبَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَلَى رُكْبَتِى فَقَالَ « يَا أَبَا هُرَيْرَةَ أُولَئِكَ الثَّلاَثَةُ أَوَّلُ خَلْقِ اللَّهِ تُسَعَّرُ بِهِمُ النَّارُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ». وَقَالَ الْوَلِيدُ أَبُو عُثْمَانَ فَأَخْبَرَنِى عُقْبَةُ بْنُ مُسْلِمٍ أَنَّ شُفَيًّا هُوَ الَّذِى دَخَلَ عَلَى مُعَاوِيَةَ فَأَخْبَرَهُ بِهَذَا. قَالَ أَبُو عُثْمَانَ وَحَدَّثَنِى الْعَلاَءُ بْنُ أَبِى حَكِيمٍ أَنَّهُ كَانَ سَيَّافًا لِمُعَاوِيَةَ فَدَخَلَ عَلَيْهِ رَجُلٌ فَأَخْبَرَهُ بِهَذَا عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ فَقَالَ مُعَاوِيَةُ قَدْ فُعِلَ بِهَؤُلاَءِ هَذَا فَكَيْفَ بِمَنْ بَقِىَ مِنَ النَّاسِ ثُمَّ بَكَى مُعَاوِيَةُ بُكَاءً شَدِيدًا حَتَّى ظَنَنَّا أَنَّهُ هَالِكٌ وَقُلْنَا قَدْ جَاءَنَا هَذَا الرَّجُلُ بِشَرٍّ ثُمَّ أَفَاقَ مُعَاوِيَةُ وَمَسَحَ عَنْ وَجْهِهِ وَقَالَ صَدَقَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ (مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لاَ يُبْخَسُونَ أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِى الآخِرَةِ إِلاَّ النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ ). قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ.

Sepenuh cinta,
Akhukum fillah, Abu Kayyisa Ulayya.


0 Response to "Abu Hurairah pun Menangis"

Post a Comment