Mari
sejenak menyimak kisah yang bersumber dari Sunan Tirmidzi; kisah tentang Abu
Hurairah yang menangis tatkala menyampaikan salah satu hadits
Nabi Muhammad Shallallâhu
alaihi wa sallam.
Berikut
kisahnya :
Syufay Al-Ashbahi, menceritakan bahwa suatu ketika ia memasuki kota
Nabi, Madinah. Ternyata di sana ada seorang lelaki yang dikerumuni oleh banyak
manusia. Ia pun bertanya kepada orang-orang, ‘Siapa lelaki ini?’ mereka
menjawab, “Abu Hurairah.”
Syufay
bin Mati’, seorang tabi’in yang dinilai oleh Ibnu Hajar dan Adz-Dzahabi sebagai
perawi tsiqqah-, kemudian mendekat hingga duduk di hadapan Abu Hurairah, yang
sedang menyampaikan hadits kepada manusia.
Ketika
Abu Hurairah diam dan berhenti sejenak, Syufay berkata, “Aku memohon kepadamu,
dengan nama Allah, dan kebenaran, agar Anda berkenan menyampaikan sebuah hadits
kepadaku; hadits yang Anda dengar dari Rasulullah Shallallâhu alaihi wa
sallam; hadits yang Anda hafal, dan ketahui.
Abu
Hurairah pun menjawab, “Baik, sungguh, aku akan menyampaikan kepadamu sebuah
hadits yang aku dengar dari Rasulullah Shallallâhu alaihi wa sallam; hadits
yang aku hafal, dan ketahui.
Tetapi
apa setelah itu?
Abu
Hurairah malah menangis pilu, tersedu-sedan, terisak-tangis. Setelah berjeda
sejenak, beliau bisa menguasai diri, dan mengusap wajahnya yang basah oleh air
mata. Beliau berkata, “Ya, sungguh, aku benar-benar akan menyampaikan hadits
yang aku dengar dari Rasulullah Shallallâhu alaihi wa sallam, ketika aku
membersamai beliau di rumah ini. Pada saat itu, tidak ada orang lain selain aku
dan beliau,”
Abu
Hurairah kembali menangis. Setelah beliau bisa menguasai diri, dan mengusap
wajahnya yang basah oleh air mata, beliau berkata, “Ya, sungguh, aku
benar-benar akan menyampaikan hadits yang aku dengar dari Rasulullah Shallallâhu
alaihi wa sallam, ketika aku membersamai beliau di rumah ini. Pada saat
itu, tidak ada orang lain selain aku dan beliau,”
Abu
Hurairah lagi-lagi menangis. Setelah beliau bisa menguasai diri, dan mengusap
wajahnya yang basah oleh air mata, beliau berkata, “Ya, sungguh, aku
benar-benar akan menyampaikan hadits yang aku dengar dari Rasulullah Shallallâhu
alaihi wa sallam, ketika aku membersamai beliau di rumah ini. Pada saat
itu, tidak ada orang lain selain aku dan beliau,”
Tapi
setelah itu, Abu Hurairah terisak-isak lebih hebat lagi. Beliau
terhuyung-huyung menundukkan wajahnya, hingga aku menyandarkannya di atas
pundakku dalam waktu yang lama. Setelah bisa menguasai diri, Abu Hurairah
kembali berkata, “Rasulullah telah menyampaikan kepadaku, bahwa pada hari
kiamat nanti, akan turun menemui para hamba-Nya untuk memberikan keputusan di
antara mereka. Dan semua orang berdiri dengan lututnya. Kemudian, orang yang
pertama dipanggil adalah seorang qari’, orang yang terbunuh di jalan Allah, dan
orang yang memiliki banyak harta.”
Kepada
yang qari’ –hafal dan bagus dalam membaca Al-Qur’an, Allah bertanya, ”Bukankah
Aku telah mengajarkan kepadamu tentang apa yang Aku turunkan kepada utusan-Ku?”
”Benar,
duhai Rabb” jawab yang ditanya.
”Lantas,
apa yang telah kamu amalkan dari ilmumu itu?” tanya Allah.
”Aku
menggunakannya untuk shalat di tengah malam dan siang hari,” jawabnya.
”Kamu
dusta!” bantah Allah. Dan para malaikat mengulanginya dengan tegas. ”Kamu
dusta!”
Kemudian
Allah berfirman, ”Tetapi, kamu ingin disebut bahwa si fulan adalah seorang
Qari’, dan kamu sudah mendapatkan sebutan itu.”
Orang
yang banyak harta pun dipanggil. Allah berfirman kepada mereka, ”Bukankah Aku
telah memberi kekayaan yang sangat banyak kepadamu sehingga Aku tidak
membiarkanmu membutuhkan orang lain?”
”Ya,
benar,” jawab orang-orang dengan banyak harta.
”Lalu,
apa yang kamu perbuat dengan harta yang telah Kuberikan kepadamu?” tanya Allah.
”Aku
gunakan untuk menyambung tali silaturahmi, dan bersedekah,” kata mereka.
”Kamu
dusta!” Allah berfirman. Dan para malaikat mengulanginya dengan tegas. ”Kamu
susta!”
Allah
Ta’ala berfirman, “Bahkan, engkau melakukan itusemua agar disebut bahwa si
fulan adalah orang dermawan, dan itu sudah kamu dapatkan.”
Setelah
itu, orang-orang yang gugur di jalan Allah didatangkan untuk menghadap. ”Dalam
rangka apa kamu terbunuh?” tanya Allah.
Lalu
mereka memberikan jawaban, ”Aku diperintahkan untuk berjihad di jalan-Mu, lalu
aku berperang hingga terbunuh.”
”Kamu
dusta!” Allah berfirman. Dan para malaikat mengulanginya dengan tegas. ”Kamu
dusta!”
Kemudian
Allah berfirman, ”Kamu hanya ingin disebut sebagaima pemberani, dan kamu sudah
mendapatkan hal itu.”
Kemudian
di akhir hadits, Abu Hurairah melanjutkan, ”Kemudian Rasulullah saw menepuk
lututku dan bersabda, “Wahai Abu Hurairah, tiga orang itulah makhluk pertama
yang akan digunakan untuk menyalakan api neraka pada hari kiamat kelak.”
Demikianlah
kisah Abu Hurairah. Tetapi setelah kisah itu, masih ada penjelasan berikutnya
yang dicantumkan oleh At-Tirmidzi, yaitu bahwa berdasarkan informasi Ala’ bin
Abu Hakim kepada Walid Abu Utsman, Syufay adalah seorang algojo dari Mu’awiyah.
Suatu hari, Syufay pernah datang menemui Mu’awiyah kemudian mengabarkan tentang
hadits Abu Hurairah ini. Mu’awiyah pun berkata, “Itulah yang akan ditimpakan
kepada mereka –bertiga-, lantas bagaimana dengan kondisi manusia yang tersisa?”
Mu’awiyah menangis dengan tangisan yang memilukan; tangisannya keras. Sehingga
kami menyangka beliau akan binasa.
Ala’
melanjutkan, “Lelaki itu datang dengan membawa keburukan. Dan tatkala Mu’awiyah
tersadar, dan bisa menguasai diri, beliau mengusap wajahnya, dan berkata, “Shadaqallâh
wa Rasûluh, “Barangsiapa menginginkan kehidupan dunia, dan perhiasannya,
kami akan memberikan balasan yang sempurna atas amal mereka, dan mereka di
dunia itu tidak akan dirugikan. Mereka itulah orang-orang yang di akhirat nanti
tidak memperoleh apa-apa kecuali nereka, dan lenyaplah apa yang dulu mereka
usahakan di dunia, dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan –QS. Hûd :
15-16.”
(Hadits
inidiriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim.
Lafazh dalam hadits ini adalah milik Tirmidzi, dan Syaikh Al-Albani berkomentar
bahwa hadits ini ‘Shahih’).
Berikut teks lengkap dari Sunan
Tirmidzi.
حَدَّثَنَا سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ
أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ أَخْبَرَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ
أَخْبَرَنِى الْوَلِيدُ بْنُ أَبِى الْوَلِيدِ أَبُو عُثْمَانَ الْمَدَنِىُّ أَنَّ
عُقْبَةَ بْنَ مُسْلِمٍ حَدَّثَهُ أَنَّ شُفَيًّا الأَصْبَحِىَّ حَدَّثَهُ أَنَّهُ
دَخَلَ الْمَدِينَةَ فَإِذَا هُوَ بِرَجُلٍ قَدِ اجْتَمَعَ عَلَيْهِ النَّاسُ
فَقَالَ مَنْ هَذَا فَقَالُوا أَبُو هُرَيْرَةَ . فَدَنَوْتُ مِنْهُ حَتَّى
قَعَدْتُ بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُوَ يُحَدِّثُ النَّاسَ فَلَمَّا سَكَتَ وَخَلاَ
قُلْتُ لَهُ أَنْشُدُكَ بِحَقٍّ وَبِحَقٍّ لَمَا حَدَّثْتَنِى حَدِيثًا سَمِعْتَهُ
مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَلْتَهُ وَعَلِمْتَهُ. فَقَالَ
أَبُو هُرَيْرَةَ أَفْعَلُ لأُحَدِّثَنَّكَ حَدِيثًا حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ
-صلى الله عليه وسلم- عَقَلْتُهُ وَعَلِمْتُهُ.
ثُمَّ نَشَغَ أَبُو هُرَيْرَةَ
نَشْغَةً فَمَكَثَ قَلِيلاً ثُمَّ أَفَاقَ فَقَالَ لأُحَدِّثَنَّكَ حَدِيثًا
حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى هَذَا الْبَيْتِ مَا
مَعَنَا أَحَدٌ غَيْرِى وَغَيْرُهُ.
ثُمَّ نَشَغَ أَبُو هُرَيْرَةَ
نَشْغَةً أُخْرَى ثُمَّ أَفَاقَ فَمَسَحَ وَجْهَهُ فَقَالَ لأُحَدِّثَنَّكَ
حَدِيثًا حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَنَا وَهُوَ فِى
هَذَا الْبَيْتِ مَا مَعَنَا أَحَدٌ غَيْرِى وَغَيْرُهُ.
ثُمَّ نَشَغَ أَبُو هُرَيْرَةَ نَشْغَةً
أُخْرَى ثُمَّ أَفَاقَ وَمَسَحَ وَجْهَهُ فَقَالَ أَفْعَلُ لأُحَدِّثَنَّكَ
حَدِيثًا حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَنَا مَعَهُ فِى
هَذَا الْبَيْتِ مَا مَعَهُ أَحَدٌ غَيْرِى وَغَيْرُهُ.
ثُمَّ نَشَغَ أَبُو هُرَيْرَةَ
نَشْغَةً شَدِيدَةً ثُمَّ مَالَ خَارًّا عَلَى وَجْهِهِ فَأَسْنَدْتُهُ عَلَىَّ
طَوِيلاً ثُمَّ أَفَاقَ فَقَالَ حَدَّثَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
أَنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ يَنْزِلُ
إِلَى الْعِبَادِ لِيَقْضِىَ بَيْنَهُمْ وَكُلُّ أُمَّةٍ جَاثِيَةٌ فَأَوَّلُ مَنْ
يَدْعُو بِهِ رَجُلٌ جَمَعَ الْقُرْآنَ وَرَجُلٌ قُتِلَ فِى سَبِيلِ اللَّهِ
وَرَجُلٌ كَثِيرُ الْمَالِ فَيَقُولُ اللَّهُ لِلْقَارِئِ أَلَمْ أُعَلِّمْكَ مَا
أَنْزَلْتُ عَلَى رَسُولِى قَالَ بَلَى يَا رَبِّ. قَالَ فَمَاذَا عَمِلْتَ فِيمَا
عُلِّمْتَ قَالَ كُنْتُ أَقُومُ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ.
فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ كَذَبْتَ وَتَقُولُ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ كَذَبْتَ
وَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ إِنَّ فُلاَنًا قَارِئٌ فَقَدْ
قِيلَ ذَاكَ.
وَيُؤْتَى بِصَاحِبِ الْمَالِ
فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ أَلَمْ أُوَسِّعْ عَلَيْكَ حَتَّى لَمْ أَدَعْكَ تَحْتَاجُ
إِلَى أَحَدٍ قَالَ بَلَى يَا رَبِّ. قَالَ فَمَاذَا عَمِلْتَ فِيمَا آتَيْتُكَ
قَالَ كُنْتُ أَصِلُ الرَّحِمَ وَأَتَصَدَّقُ. فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ كَذَبْتَ
وَتَقُولُ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ كَذَبْتَ وَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى بَلْ أَرَدْتَ
أَنْ يُقَالَ فُلاَنٌ جَوَادٌ فَقَدْ قِيلَ ذَاكَ.
وَيُؤْتَى بِالَّذِى قُتِلَ فِى
سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ فِى مَاذَا قُتِلْتَ فَيَقُولُ أُمِرْتُ
بِالْجِهَادِ فِى سَبِيلِكَ فَقَاتَلْتُ حَتَّى قُتِلْتُ. فَيَقُولُ اللَّهُ
تَعَالَى لَهُ كَذَبْتَ وَتَقُولُ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ كَذَبْتَ وَيَقُولُ اللَّهُ
بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ فُلاَنٌ جَرِىءٌ فَقَدْ قِيلَ ذَاكَ ».
ثُمَّ ضَرَبَ رَسُولُ اللَّهِ
-صلى الله عليه وسلم- عَلَى رُكْبَتِى فَقَالَ « يَا أَبَا هُرَيْرَةَ أُولَئِكَ
الثَّلاَثَةُ أَوَّلُ خَلْقِ اللَّهِ تُسَعَّرُ بِهِمُ النَّارُ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ ». وَقَالَ الْوَلِيدُ أَبُو عُثْمَانَ فَأَخْبَرَنِى عُقْبَةُ بْنُ
مُسْلِمٍ أَنَّ شُفَيًّا هُوَ الَّذِى دَخَلَ عَلَى مُعَاوِيَةَ فَأَخْبَرَهُ
بِهَذَا. قَالَ أَبُو عُثْمَانَ وَحَدَّثَنِى الْعَلاَءُ بْنُ أَبِى حَكِيمٍ
أَنَّهُ كَانَ سَيَّافًا لِمُعَاوِيَةَ فَدَخَلَ عَلَيْهِ رَجُلٌ فَأَخْبَرَهُ
بِهَذَا عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ فَقَالَ مُعَاوِيَةُ قَدْ فُعِلَ بِهَؤُلاَءِ هَذَا
فَكَيْفَ بِمَنْ بَقِىَ مِنَ النَّاسِ ثُمَّ بَكَى مُعَاوِيَةُ بُكَاءً شَدِيدًا
حَتَّى ظَنَنَّا أَنَّهُ هَالِكٌ وَقُلْنَا قَدْ جَاءَنَا هَذَا الرَّجُلُ بِشَرٍّ
ثُمَّ أَفَاقَ مُعَاوِيَةُ وَمَسَحَ عَنْ وَجْهِهِ وَقَالَ صَدَقَ اللَّهُ
وَرَسُولُهُ (مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ
إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لاَ يُبْخَسُونَ أُولَئِكَ
الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِى الآخِرَةِ إِلاَّ النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا
فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ ). قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ
حَسَنٌ غَرِيبٌ.
Sepenuh
cinta,
Akhukum
fillah, Abu Kayyisa Ulayya.
0 Response to "Abu Hurairah pun Menangis"
Post a Comment